Langsung ke konten utama

Ajakan untuk Berhaji (2)

Dalam surat Al Hajj ayat 27 berikut, kita diajak untuk menunaikan ibadah rukun Islam nan mulia, yaitu ibadah haji ke Baitullah. Sampai dari berbagai penjuru negeri dan negeri yang jauh akan memenuhi panggilan Allah ini. Bagi yang berhaji bergemalah suara “Labbaik allahumma labbaik” (Ya Allah, kami penuhi panggilan-Mu).
Ajakan Berhaji, Allah Ta’ala befirman, 

وَأَذِّنْ فِي النَّاسِ بِالْحَجِّ يَأْتُوكَ رِجَالًا وَعَلَى كُلِّ ضَامِرٍ يَأْتِينَ مِنْ كُلِّ فَجٍّ عَمِيقٍ

“Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh” (QS. Al Hajj: 27).

Yang dimaksud di sini adalah beritahukanlah dan ajaklah manusia untuk berhaji. Demikian kata Syaikh As Sa’di. Sedangkan Ibnu Katsir dalam tafsirnya berkata, “Panggillah manusia, ajaklah mereka untuk berhaji ke rumah yang telah Kami perintahkan kepadamu (Ibrahim) untuk membangunnya.” Disebutkan pula oleh Ibnu Katsir, “Ibrahim berkata: Wahai Rabb, bagaimana manusia bisa mendengar suaraku, sedangkan suaraku tidak sampai pada mereka?” “Tetap ajaklah dan kami yang akan menyampaikan”, demikian jawabannya.

Ketika diseru ajakan untuk berhaji, maka gunung akan tunduk hingga sampailah suara dari penjuru dunia, sampai yang di dalam rahim pun mendengarnya, hingga batu, tanah dan pohon pun mendengarnya, begitu pula yang telah ditetapkan oleh Allah untuk berhaji nantinya, terdengarlah jawaban, “Labbaik allahumma labbaik” (Ya Allah, kami penuhi panggilan-Mu).

Berhaji dengan Berjalan Kaki atau Berkendaraan?

Dalam ayat (yang artinya), “niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta yang kurus …”. Dari ayat ini sebagian ulama berdalil bahwa lebih utama berhaji dengan berjalan kaki -ketika mampu- daripada berkendaraan. Karena dalam ayat ini berjalan kaki diucapkan lebih dulu, baru setelah itu berkendaraan. Orang yang berjalan kaki menunjukkan akan kuatnya tekat dan semangat untuk berhaji. Namun mayoritas ulama tidaklah berpendapat seperti. Mereka menganggap bahwa yang lebih afdhol adalah dengan berkendaraan karena demikianlah yang dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang berhaji sambil berkendaraan padahal beliau adalah orang yang begitu kuat.

Dari Segala Penjuru Dunia

Yang mendatangi rumah Allah, bukan hanya dari yang dekat. Namun dari yang juah sampai pelosok dunia. Dalam ayat disebutkan,

يَأْتِينَ مِنْ كُلِّ فَجٍّ عَمِيقٍ

“mereka datang dari segenap penjuru yang jauh”. Makna “fajjin” adalah jalak. Sedangkan “ ‘amiiq” berarti jauh. Jadi maksudnya, orang-orang datang dari berbagai penjuru yang jauh. Mereka datang sambil berjalan kaki dan ada pula yang berkendaraan dari ujung timur dan barat. Dari ujung barat seperti dari Andalus (Spanyol) dan ujung barat seperti dari negeri kita Indonesia.

Sumber : http://www.mualaf.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manasik Umroh AQM Tour Group Oktober 2019

Acara Manasik Umroh Group Keberangkatan Oktober 2019. Pemateri Ustad Muhammad Uyun, M.Pd I (Aula Kantor AQM Tour Pusat Bengkulu, Sabtu, 14 September 2019) Pemateri Ust. Muhammad Uyun, M.Pd, I, dalam Materinya Menjelaskan Bagaimana Tata Cara Manasik Umroh Yang Baik dan Benar Sangat Penting Bagi Kelancaran Pelaksanaan Penunaian Ibadah Umroh, Semua Untuk Semata-mata Mendapatkan Ridho Allah SWT Yang Merupakan Tujuan Utama Kita Semua Dalam Menunaikan Ibadah Tersebut Penyampaian Teknis & Info Keberangkatan Oleh Bapak Ewin Firnando, S.Pt Selaku Manager AQM Tour Pusat Bengkulu dalam Acara Manasik Umroh Group Oktober 2019 (Aula Kantor AQM Tour Pusat Bengkulu, Sabtu 14 September 2019) Antusiasme Jamaah Peserta Manasik Umroh Yang Tergabung dalam Group Keberangkatan Oktober 2019 Suasana Praktek Memakai Kain Ihram Sesi Tanya Jawab Peserta Manasik Umroh AQM Tour

Lowongan Kerja AQM Tour

Yuk Bergabung Bersama Kami AQM Tour dengan Mengisi Form Lowongan Kerja Berikut :  https://forms.gle/J6dGcQTMYL7cnFFk7  

Umroh Exclusive (Umroh New Normal)

UMROH EXCLUSIVE 2021   🔴 1 1 HR LION AIR START IDR 31. 000.000,- . Keberangkatan: ✍ FEBRUARI 202 1 ✍MARET  202 1 . Highlight: 🌙 5 N Medinah – 4N  Mekkah 🏨 Hotel Madinah 5 N : Hotel Royal Inn Nozol/Setaraf   ⭐ 5 🏨 Hotel Makkah 4 N : Ajyad Makarim/Setaraf   ⭐ 4 🍲 Makan 3x sehari Catering Menu Indonesia ✈ By @Lion Air   Inclusion: . ⠀ ✈ Tiket Pesawat PP Start Bengkulu + 🧳 Bagasi 25 kg. 🏨 Akomodasi Hotel. 🚌 Transportasi Bus Private. 🎫 Visa Umroh 🍛 Makan 3 Kali Sehari Selama Berada Di Hotel Makkah & Madinah (Meal Box). 👤 Tour Leader. 🗣 Muthawif. 🔴 Bus Sesuai Protokol Covid 🔴 Tim Profesional Handling Saudi 🧥 Perlengkapan Ibadah lengkap. 💧 Air Zamzam 5lt.   Exclusion: ⠀ ❌ PCR Test & Hotel Karantina 1 Hari Sebelum Keberangkatan Rp. 1.500.000,- ❌ Paspor ❌ Suntik Meningitis ❌ Overbagasi ❌ Pengeluaran Pribadi.   Customer Care: ✅ AQM Tour ☎ 0736 346678 📞 0823 5216 0001 WA Umroh 📞 08 53 2020 0902 HP Cs Umroh 📍 Jl. S. Parman No.17 RT.02 RW.01 Ta